8 Cara Promosi Produk Paling Efektif

Apa saja yang harus ada dalam katalog produk?
March 6, 2018
6 Hal yang Harus Dipersiapkan Dalam Membuat Buku Tahunan
March 21, 2018
Show all

FULL WARNA – Promosi produk merupakan kunci sukses untuk mengembangkan bisnismu. Penjualan produk nggak akan meningkat tanpa kegiatan promosi produk. Saat ini kompetisi bisnis semakin ketat, mau nggak mau kamu harus ikut berlomba membuat strategi yang kreatif dan inovatif, melalui kegiatan promosi produk yang nggak biasa.

Ada banyak cara agar kegiatan promosi produk bisa memberikan implikasi yang bagus bagi meningkatnya penjualan produkmu. Namun, nggak semua cara tersebut cocok dengan jenis usahamu. Beberapa jenis produk memiliki karakter khusus, sehingga cara promosi produk yang kamu pilih harus menyesuaikan dengan jenis produk yang kamu jual.

Bagi yang belum lama memulai usaha, ada beberapa cara promosi produk yang efektif secara umum.

  1. Buat diskon

Ini mungkin sudah menjadi cara yang paling banyak dikenal di dunia promosi produk. Namun, nggak ada salahnya cara ini tetap kamu pakai. Terbukti hingga saat ini, konsumen selalu berdatangan begitu ditawarkan produk yang diberi diskon. Namun, kamu harus lebih jeli dalam mempertimbangkan harga produk dan besaran diskon nya. Jangan beri diskon yang berlebihan, karena jika jarak antara harga asli dengan diskon terlalu jauh, bisa jadi konsumen nggak mau beli lagi ketika produkmu sudah kembali ke harga regular.

 

  1. Bonus

Contoh promosi produk yang klasik ini masih relevan untuk mendatangkan banyak konsumen. Ada banyak musim atau hari besar nasional yang bisa kamu manfaatkan untuk memberi diskon kepada konsumen. Beri diskon special agar konsumenmu datang kembali.

 

  1. Beri kupon dan voucher

Saat ini sedang tren cara promosi produk dengan kupon dan voucher. Kamu bisa jadi bagian dari tren ini. Dengan mencetak kupon dan voucher, pelanggan akan mencoba produkmu, dan siapa tahu mereka akan tertarik, lalu ingin membeli lagi.

 

  1. Free trial

Nggak jarang produsen yang menyediakan free trial untuk orang-orang yang belum mengenal produknya. Dengan free trial, kamu bisa meyakinkan pelanggan akan kualitas produkmu.

 

  1. Membership

Ini merupakan salah satu cara agar konsumenmu tetap setia. Konsumen yang sudah memiliki kartu member, tentu akan memanfaatkan status mereka sebagai member, karena mereka sendiri juga sudah bersusah payah menjadi member. Beri harga khusus dan sistem referral yang bakal memajukan membership ini.

 

  1. Sosialisasikan informasi/tips dan cara pakai

Ketika pelaku bisnis menyebarkan informasi seputar tips dan cara pakai produk, secara nggak langsung ia sudah mempromosikan produknya. Sementara konsumen yang sedang bingung dengan cara pemakaian, mereka akan mencari tips cara pakai dengan produk yang sama.

 

  1. Buat iklan

Kalau kamu punya modal cukup besar, maksimalkan promosi produk dengan membuat iklan. Walaupun ini cara yang klasik, tetapi ini cukup potensial dalam memperkenalkan produk sekaligus untuk pencitraan produk yang bersangkutan.

 

  1. Buat kalender

Sebagai media promosi produk, kalender memiliki peran lebih dibanding pamflet. Selain untuk promosi, kalender juga berfungsi sebagai penanda hari dan agenda pelanggan mu. Dengan begitu, pelanggan akan menyimpan dan memajangnya dirumah. Salah satu media promosi penjualan ini akan dilihat setiap hari oleh pelanggan. Di alam bawah sadar, logo dan produk akan tertanam di benak mereka.

Meskipun saat ini kegiatan promosi mulai marak menggunakan media online, media promosi penjualan cetak, masih dirasa perlu dan terbukti masih efektif, serta bisa mejangkau semua kalangan. Yuk tingkatkan efektifitas promosi produk mu!

 

Sumber foto utama: https://depositphotos.com/31493879/stock-illustration-big-sale-promotion-illustration.html

admin
admin
FullWarna.com adalah percetakan offset di kota Yogyakarta yang melayani jasa cetak dengan mesin Oliver 58, Jenis cetakan yang dapat kami kerjakan adalah; Buku, Brosur, Nota, Formulir, Map, Kwitansi, Kalender, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *