Applikasi Android Untuk Menghitung Kebutuhan Kertas Percetakan

Tips Membuat Formulir untuk Perkantoran
June 19, 2016
Alamat Percetakan Kertas di Jogja
June 30, 2016
Show all

Applikasi Android Untuk Menghitung Kebutuhan Kertas Percetakan

Applikasi Android Untuk Menghitung Kebutuhan Kertas Percetakan

Sebelum menggunakan Applikasi Android tidak salah jika kita memahami terlebih dahulu konsep potong kertas secara manual, agar lebih mudah kita memehami untuk menerapkan ke mesin potong kerttas.

Salah satu tahapan kalkulasi ongkos cetak adalah menghitung kebutuhan kertas. Bahkan ini adalah tahapan yang paling penting. Karena jika Anda salah menghitung jumlahnya bisa fatal akibatnya. Terlalu banyak kelebihannya ataupun kekurangannya sama-sama merugikan. Jadi Anda harus menghitung kebutuhan kertas secara tepat dan efisien.

Ukuran kertas yang masih asli dari pabrik biasanya disebut dengan istilah Plano. Ukuran plano ini bervariasi ada yang 65 x 100 cm2, 79 x109 cm2, atau 65 x 90 cm2. Namun ukuran tersebut belum tentu tersedia semua di setiap toko kertas. Karena itu, ada baiknya tanyakan dulu ke toko kertas apakah ukuran yang Anda inginkan tersedia atau tidak. Supaya ketika selesai menghitung kebutuhan kertas, Anda tidak perlu mencari-cari lagi lantaran kertasnya ternyata tidak tersedia atau habis.

Sebagai contoh misalkan saya membutuhkan kertas ukuran A4 yaitu 21 x 29,7 cm2. Lalu kertas plano yang saya akan beli adalah ukuran 65 x 100 cm2. Berapa lembar kertas A4 yang saya dapatkan dalam 1 plano tersebut.

Cara pertama

bagilah ukuran panjang dengan panjang = 100/29,7 = 3,3 (dibulatkan jadi 3) dan bagilah ukuran lebar dengan lebar = 65/21 = 3. Lalu kalikan hasil keduanya = 3 x 3 = 9. Dengan cara ini, kita akan mendapatkan hasil yaitu 9 lembar A4.

Cara kedua

ada kemungkinan lain yaitu kita membagi panjang dengan lebar = 100/21 = 4,7 (dibulatkan jadi 4). Lalu yang lebar dengan panjang = 65/29,7 = 2,1 (dibulatkan jadi 2). Maka jika dikalikan hasil keduanya = 4 x 2 = 8. Ternyata hasilnya lebih sedikit yaitu hanya 8 lembar A4.

percetakan potong-kertas-

Sampai di sini, jika diminta untuk memilih tentu kita akan mengambil cara pertama yang menghasilkan 9 lembar A4. Ini adalah cara yang sangat umum dan sederhana. Dalam contoh ini, sebenarnya bisa saja kita mencari kertas plano ukuran lain misalanya ukuran 65 x 90 cm2. Jika ada maka penggunaan kertas plano ukuran 65 x 90 cm2 tentu lebih hemat lagi dibandingkan dengan ukuran 65 x 100 cm2. Untuk itu, tanyakan dulu ke toko kertasnya apakah mereka menyediakan ukuran 65 x 90 cm2 atau tidak. Karena, sekali lagi tidak semua toko kertas menyediakan ukuran kertas plano yang kita inginkan.

Demikianlah uraian tentang cara menghitung potongan kertas untuk ukuran A4. Bagaimana jika Anda ingin menghitung potongan kertas ukuran yang lain? Folio, kwarto, A3 atau ukuran yang aneh-aneh? Alhamdulillah, saya telah berhasil mengembangkan aplikasi untuk menghitung dan menggambarkan pola pemotongan kertas. Karena aplikasi ini berbasis android maka siapapun bisa mendapatkannya dengan gratis. Silakan unduh aplikasinya di play store.

Ini linknya –> Aplikasi Potong Kertas Praktis

Sumber: http://www.infopercetakan.com/2012/04/cara-menghitung-kebutuhan-kertas.html

admin
admin
FullWarna.com adalah percetakan offset di kota Yogyakarta yang melayani jasa cetak dengan mesin Oliver 58, Jenis cetakan yang dapat kami kerjakan adalah; Buku, Brosur, Nota, Formulir, Map, Kwitansi, Kalender, dll.

Comments are closed.