Cara Menerbitkan Buku Ala WikiHow

10 Hal yang Harus di Perhatikan dalam Menerbitkan Buku di Penerbit Mayor
June 17, 2016
Jenis dan Ukuran Kertas dalam Dunia Percetakan
June 19, 2016
Show all

Cara Menerbitkan Buku

Anda adalah penulis pada detik Anda mulai menulis. Namun, untuk menjadi penulis yang diterbitkan butuh lebih dari sekadar menaruh kata-kata pada kertas; hal ini membutuhkan disiplin, pengetahuan dan keinginan untuk belajar serta bekerja, dengan sedikit keberuntungan. Meski kita tidak dapat mengontrol keberuntungan, berikut adalah beberapa langkah untuk menjadi penulis yang diterbitkan.

Metode 1 dari 3: Mengasah Keterampilan

1 Sering-seringlah membaca. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki tulisan Anda adalah dengan membaca tulisan orang lain. Fokuslah pada novel-novel terkenal dan cobalah menangkap cara dan gaya penulisan mereka. Apakah yang membuat buku tersebut teramat menarik? Apakah plot dan karakter yang menggelitik Anda? Jenis tulisan apakah yang umumnya disukai pembaca?

  • Fokuslah membaca buku-buku dalam genre yang Anda sukai untuk melihat persamaan dan perbedaan proses menulis dan hasilnya. Jenis gaya apa yang patut dicontoh dan apa yang tidak ingin Anda tiru?
  • Sebelum menulis buku Anda sendiri, penting untuk memastikan bahwa cerita yang Anda tulis tidak sama persis dengan cerita yang sudah ada. Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah untuk membaca sebanyak mungkin buku.

2 Pelajari seni menulis. Kebanyakan penerbit malas untuk menerima naskah yang memiliki kesalahan tata bahasa, karakter yang sulit dipercayai atau plot yang kurang kuat walaupun potensi cerita mereka kuat. Untuk memastikan bahwa Anda tidak jatuh dalam salah satu kategori di atas, luangkan waktu untuk belajar dasar-dasar menulis.

  • Pelajari buku yang bagus mengenai penulisan, termasuk panduan gaya menulis serta penggunaan tata bahasa serta panduan menulis plot dan karakter cerita.
  • Ikutilah kelas menulis yang menarik bagi Anda, serta di area-area yang harus Anda perbaiki.
  • Bergabunglah dengan kelompok menulis, di mana penulis lain akan memberikan umpan balik pada cerita Anda, dan Anda melakukan hal yang sama untuk mereka.

3 Praktiklah kemampuan Anda. Menulislah secara rutin dan sering. Semakin sering Anda menulis, semakin baik jadinya. Meski sangat membantu untuk selalu aktif menulis buku atau esai yang Anda harap dapat dipublikasikan, mencuri waktu tiap hari untuk menulis tentang apapun tetap menguntungkan. Bawalah jurnal untuk menulis apapun misalnya saat Anda mengantri atau duduk di bus.

  • Jika Anda memiliki akses internet dan komputer, cara untuk mempraktikkan kemampuan menulis adalah memulai blog. Tidak hanya hal ini memberi Anda ruang untuk berpraktik, namun juga memberikan Anda ruang untuk dibaca orang, dan mendapat kritikan dalam bentuk komentar, serta tergantung konten apa yang Anda masukkan dalam blog, bisa jadi ada tulisan yang bisa Anda sertakan dalam buku.
  • Menulis banyak memerlukan tulis ulang, memasukkan kritik yang Anda peroleh untuk membuat tulisan lebih baik, serta menengok dan memperbaiki tulisan Anda sementara keterampilan Anda membaik. Jika sehari-hari Anda menulis, Anda akan menjadi lebih baik dalam melakukan hal ini dalam tulisan Anda.

4 Memiliki jaringan dengan penulis lain. Bertemu dengan penulis yang telah diterbitkan dan orang lain dengan cita-cita sama akan memberikan dukungan, dorongan dan saran. Banyak penulis lain yang bisa memperkenalkan Anda pada editor, penerbit dan agen penulis maupun pada sumber-sumber yang dapat membantu lainnya.

  • Bergabunglah dengan organisasi penulis di bidang Anda. Penulis fiksi ilmiah dapat bergabung dengan Penulis Fiksi Ilimah di Amerika, penulis buku anak-anak dapat bergabung Lingkaran penulis anak dan illustrator, dan tiap genre memiliki kelompok lain. Telitilah kelompok genre yang ada dan lihat apakah bergabung dengan mereka adalah keputusan yang tepat bagi Anda.
  • Datanglah ke konferensi dan pertemuan para penulis. Beberapa diorganisasi oleh kelompok penulis dan akan memiliki sesi pengajaran dan bertemu penulis lain, serta memiliki waktu khusus untuk menulis dan mengkritik. Beberapa konferensi lain dibuat oleh fans dalam genre khusus, seperti fiksi ilmiah atau misteri dan memiliki berbagai hal menyenangkan lainnya.
  • Cobalah menghubungi penulis favorit Anda. Jika mereka tidak teramat terkenal (seperti Stephen King atau JK Rowling), mungkin Anda bisa menghubungi mereka untuk saran. Jika Anda menjadi berteman dekat dengan mereka, mungkin Anda bisa meminta mereka untuk mengedit tulisan Anda juga. [1]
Metode 2 dari 3: Mempersiapkan diri untuk Menerbitkan Pekerjaan Anda

Baca ulang naskah Anda. Meski Anda sudah bersumpah tidak melakukan kesalahan eja atau tata bahasa pada naskah pertama, melakukan baca ulang naskah bisa mengungkap beberapa kesalahan. Sekecil apapun kesalahannya, penting untuk membetulkannya. Untuk menghindari rasa malu dan kemungkinan ditolak, baca ulang sekali lagi naskah Anda sebelum mengirimkannya untuk diedit seseorang atau ke penerbit.

  • Tunggu setidaknya tiga hari sebelum mengedit sesuatu yang baru Anda tulis. Penelitian menunjukkan bahwa dalam waktu tiga hari, pikiran Anda akan mampu melihat kesalahan yang Anda perbaiki secara otomatis saat Anda tengah membaca.
  • Cobalah membaca pekerjaan Anda keras-keras. Anda akan dipaksa memperhatikan tiap kata ketimbang secara tidak sadar melewati kata-kata yang tampak jelas dan secara tidak sadar mengisinya. Meski tampak bodoh, bacalah naskah Anda keras-keras agar mampu memperbaikinya.
  • Ceklah tiap kesalahan pada format, eja, tata bahasa, tanda baca dan plot. Cobalah perbaiki cerita sebaik mungkin sebelum meminta bantuan dari orang lain.

Editlah naskah Anda. Ada beberapa pilihan untuk mengedit naskah tersebut. Mungkin yang paling dapat diandalkan adalah untuk menyewa editor atau copywriter profesional, meski demikian hal ini bisa menjebol tabungan Anda. Anda juga bisa mempertimbangkan memberinya pada kawan atau keluarga yang senang membaca, atau dosen perguruan tinggi atau penulis lain yang telah menerbitkan artikel jurnal.

  • Cobalah cari editor di area Anda untuk mengetahui tarifnya. Mungkin Anda bisa menyewa orang yang baru saja memulai dan membayar rendah untuk pekerjaan mereka atau saling mengedit naskah masing-masing.
  • Pastikan bahwa Anda tidak tengah ditipu dalam penipuan penawaran edit. Sewalah seorang profesional atau orang yang Anda percayai untuk mengedit.
  • Milikilah beberapa editor untuk mengerjakan naskah Anda (dengan asumsi mereka tidak dibayar). Dengan demikian, Anda bisa menemukan masukkan yang konsisten pada cerita atau gaya tulisan Anda sebagai bahan pertimbangan.
  • Pertimbangkan editan dengan hati-hati. Penting untuk selalu membetulkan tata bahasa dan eja, namun pertimbangkan perubahan pada cerita atau karakter. Meski mereka bisa berguna, ini tetaplah cerita Anda dan Anda yang memiliki kata terakhir pada jalan ceritanya. [2]

Memilih penerbitan. Dengan naskah yang telah dilengkapi dan diedit, kini saatnya untuk menemukan penerbit. Sebelum Anda mengirimkannya, Anda harus memilih pasar penerbit yang sesuai dengan pekerjaan Anda. Misalnya Anda bisa mengunjungi laman Penulis tulisan Horor di Amerika atau laman Penulis Roman Amerika Serikat (atau Indonesia) untuk melihat agen-agen penerbit yang terkait.

  • Penting untuk menentukan penerbit yang sesuai dengan genre Anda, sehingga Anda tidak secara sengaja mengirimkan buku misteri pembunuhan ke penerbit religius.
  • Laman-laman penerbitan akan memiliki daftar editor atau agen yang bisa Anda hubungi perihal naskah Anda.

Tulislah surat pengantar untuk penerbit. Dalam rangka memperkenalkan diri sendiri dan pekerjaan Anda, Anda harus membuat surat pengantar. Hal ini berupa surat sepanjang 1-2 halaman dengan autobiografi Anda, daftar tulisan yang pernah Anda terbitkan (jika ada) serta sinopsis singkat tulisan Anda.

  • Pastikan bahwa surat pengantar Anda menggambarkan intonasi naskah Anda. Jika Anda menulis topik yang serius, jangan menggunakan humor saat menulis surat pengantar.
  • Sama halnya dengan naskah asli Anda, baca ulang surat Anda. Pastikan surat Anda tidak memiliki kesalahan eja, tata bahasa atau tanda baca. Mintalah teman Anda membacanya untuk memastikan 100 persen akurasi sebelum mengirimnya.
  • Lihat apakah ada hal khusus yang diminta penerbit saat mengirimkan surat pengantar Anda. Coba lihat laman mereka untuk informasi mengenai hal ini.
Metode 3 dari 3: Menerbitkan Pekerjaan Anda

Sewalah agen. Agen adalah orang yang akan membantu membangun reputasi Anda di dunia penerbitan. Umumnya, penerbit tidak akan menerima naskah dari penulis tanpa agen. Coba lihat agen-agen yang bekerja untuk penulis pada genre Anda atau berada di area Anda. Tentunya menyewa agen-agen yang paling berhasil akan memberikan Anda kesempatan yang lebih baik untuk dipublikasikan, namun hal ini tentu lebih mahal daripada menyewa agen yang kurang sukses.

  • Bicaralah dengan calon agen mengenai tarif dan tanggungjawab mereka dalam proses penerbitan. Pastikan bahwa Anda benar-benar jelas dengan pekerjaan yang akan mereka lakukan sebelum menandatangani kontrak sehingga Anda tidak kehilangan uang atau kehilangan kesempatan yang baik.
  • Cobalah lihat beberapa agen ketimbang hanya tertuju pada satu agen. Agen juga menyeleksi penulis sama halnya dengan rumah penerbitan dan mereka tidak menerima begitu saja naskah dari sembarang penulis.
Kirim naskah Anda. Jika Anda menerima surat penerimaan dari agen atau penerbit, kirimkah salinan naskah Anda. Beberapa hanya membutuhkan 50 halaman pertama dari buku Anda, jadi pastikan Anda tahu jelas apakah yang mereka inginkan. Pastikan menyertakan informasi lain yang mungkin mereka butuhkan pada naskah Anda.
Tunggu. Mungkin hal yang paling membuat stres dalam proses penerbitan adalah menunggu jawaban. Anda mungkin akan diminta untuk menunggu beberapa minggu atau bulan, jadi jangan harap dapat memperoleh jawaban dengan segera. Jangan mengganggu penerbitan atau agen Anda dengan mengirimkan email mengenai proses tersebut kecuali hal ini telah memakan waktu terlalu lama.

Menerima jawaban. Setelah Anda menunggu, akhirnya Anda akan memperoleh jawaban mengenai naskah Anda. Jika Anda diterima untuk diterbitkan, cobalah tengok sisi finansialnya, melihat hak cipta cerita Anda dan hak yang Anda peroleh dari penerbit. Jika Anda ditolak, jangan masukkan hati. Buku kerap ditolak karena berbagai alasan lain. Selain cerita yang buruk, mungkin penerbit Anda telah menerbitkan buku yang mirip, buku tersebut tidak sessuai gaya mereka, atau mereka ingin Anda mengubah beberapa hal dari tulisan tersebut.

  • Jika Anda ditolak, tunggulah beberapa bulan sebelum mengirimkan naskah berikutnya ke penerbitan yang sama. Anda selalu bisa mengirimkannya ke beberapa pemerbit tanpa harus menunggu.
  • Jika Anda memutuskan bahwa menerbitkan buku secara profesional bukan pilihan yang masuk akal, cobalah lihat kemungkinan untuk menerbitkan sendiri buku Anda. Meski hal ini akan menambah pekerjaan Anda, hal ini adalah alternatif menerbitkan buku dan memajangnya di lemari dengan segera.
Mendapat bayaran untuk menulis. Jika Anda ingin melanjutkan menulis tapi tidak memiliki dukungan dana, cobalah mencari beasiswa untuk penulis. Uang ini diberikan pada penulis-penulis yang tengah mengerjakan naskah mereka. Anda juga bisa mempertimbangkan mengikuti kontes menulis untuk memenangkan sedikit uang dan mulai membangun nama Anda. [3]
admin
admin
FullWarna.com adalah percetakan offset di kota Yogyakarta yang melayani jasa cetak dengan mesin Oliver 58, Jenis cetakan yang dapat kami kerjakan adalah; Buku, Brosur, Nota, Formulir, Map, Kwitansi, Kalender, dll.