Jangan Lewatkan Konten Ini Dalam Membuat Sertifikat Peserta Acara

Syawalan Harmoni Tim, Rekatkan Persaudaraan Antar Karyawan
June 21, 2018
Pakai Souvenir Buku Agenda Sebagai Media Promosi. Ini Alasannya!
July 4, 2018
Show all

FULL WARNA – Mengadakan suatu acara resmi dari lembaga atau organisasi, nggak terlepas dari perihal administrasi yang mendukung suksesnya acara. Salah satu bagian dari administrasi yang nggak boleh kamu lewatkan adalah sertifikat yang akan dibagikan kepada peserta. Buat kamu yang sedang disibukkan dengan persiapan event seperti, seminar, workshop, talkshow, diseminasi, dan lain sebagainya, kepengurusan sertifikat ini harus kamu perhatikan. Fungsi dari sertifikat sendiri adalah sebagai penanda bahwa seseorang telah mengikuti suatu event-event tertentu, terutama event yang bersifat mengedukasi.

Walaupun hanya selembar kertas, sertifikat dari suatu acara umumnya sangat diburu oleh para siswa, mahasiswa, maupun pelamar kerja. Misalnya, bagi mahasiswa, sertifikat cukup berharga, karena sertifikat tersebut bisa menjadi nilai tambah untuk SKS kuliah. Sementara bagi pelamar kerja, sertifikat bisa menambah kualifikasi diri di depan perusahaan yang di lamar.

Bagian kesekertariatan dalam kepanitiaan acara biasanya yang sibuk mempersiapkan sertifikat peserta. Kalau kamu kerja di bagian ini, kamu nggak perlu bingung membuat, karena kamu bisa memanfaatkan berbagai aplikasi pendukung seperti Corel Draw atau Adobe Photoshop. Nah, yang paling penting nya adalah konten yang harus ada di dalam sertifikat tersebut. Kamu harus teliti, jangan sampai ada yang tertinggal. Berikut konten sertifikat yang wajib ada.

  1. Kop sertifikat dan logo organiasasi

Supaya orang tahu dari mana sertifikat tersebut berasal, maka kamu harus mencantumkan kop sertifikat dan logo organisasai yang mengeluarkan. Salah satu komponen sertifikat ini harus ada, dahulukan memasang kop dan logo dibandingkan yang lain. Letakkan logo penyelenggara di bagian kiri atau tengah agak ke atas. Kalau penyelenggara lebih dari satu, letakkan keduanya berdampingan kiri dan kanan. Sebenarnya bisa kamu letakkan menyesuaikan dengan desain yang ada, yang penting tetap ada di bagian atas ya.

  1. Tujuan sertifikat

Bagian ini berfungsi sebagai penjelas kepada banyak orang bahwa lembaran tersebut merupakan sertifikat atau piagam penghargaan. Dalam menulisnya, gunakan jenis font yang mudah dibaca. Jumlah jenis font yang dipakai minimal satu jenis, maksimal dua jenis, jika ingin terlihat lebih bagus dan rapi.

  1. Nomor surat

Sama seperti surat resmi lainnya, sertifikat juga termasuk dokumen resmi yang membutuhkan nomor surat. Seperti yang dibahas sebelumnya, sertifikat akan digunakan untuk hal-hal resmi seperti melamar pekerjaan, menambah nilai kuliah, mendaftar sekolah, dan keperluan penting lainnya.

  1. Nama peserta

Ini dia yang nggak kalah penting dan jangan sampai terlewat, nama peserta. Konten ini terletak di bagian tengah sertifikat, gunakan jenis font yang berbeda dengan tulisan lain. Terkadang bagian ini dibiarkan kosong supaya bisa diisi sendiri oleh peserta. Namun, ada juga yang sudah ditulis oleh panitianya. Tentunya sering kita temui nama-nama peserta yang typo pada sertifikat. Nah, sebagai panitia, baiknya kamu mencatat dengan benar nama-nama peserta yang hadir, supaya bisa menghindari kesalahan penulisan nama peserta. Selain itu, nama peserta sebaiknya langsung kamu ketik, bukan di tulis tangan, agar sertifikat nggak disalahgunakan.

  1. Waktu dan tempat

Penulisan waktu dan tempat idealnya dibagi menjadi dua yaitu, waktu dan tempat pelaksanaan acara, lalu waktu dan tempat dikeluarkannya sertifikat tersebut. Untuk pelaksanaan acara, penulisan waktu dan tempatnya berada di bawah nama peserta, dinarasikan dalam bentuk penjelasan bahwa peserta telah mengikuti acara di waktu dan tanggal tersebut. Kemudian waktu dan tempat dikeluarkannya sertifikat diletakkan bagian pojok kanan bawah diatas tanda tangan ketua panitia.

  1. Pengesahan

Pengesahan berfungsi sebagai legalitas sertifikat tersebut. Pengesahan terdiri dari pelaksana kegiatan, tanda tangan, dan cap organisasi yang melaksanakan kegiatan.

Sudah paham kan apa yang perlu diperhatikan dalm membuat sertifikat?. Perlu ketelitian dalam mempersiapkannya. Jangan sampai sudah mencetak puluhan sertifikat, tetapi ada bagian yang tertinggal. Rugi biaya dan tentunya nambah kerjaan lagi bukan?. Rencanakan dengan matang dengan tim mu ya.

Sumber foto utama: https://www.coretanzone.id/2017/09/cara-membuat-sertifikat-atau-piagam-penghargaan-kegiatan-resmi.html

 

Artikel terkait:

Macam-macam Bukti Transaksi Perusahaan. Pekerja Perusahaan Wajib Tahu Nih!

Ini Dia Perlengkapan Kantor yang Wajib Ada!

admin
admin
FullWarna.com adalah percetakan offset di kota Yogyakarta yang melayani jasa cetak dengan mesin Oliver 58, Jenis cetakan yang dapat kami kerjakan adalah; Buku, Brosur, Nota, Formulir, Map, Kwitansi, Kalender, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *