Jenis-jenis Media Promosi Cetak Untuk Branding Perusahaan

Inspirasi Kalender Meja Kekinian
February 22, 2018
Jangan Lewatkan Konten Ini Dalam Membuat Sertifikat Peserta Acara
February 22, 2018
Show all

FULL WARNA – Dalam dunia bisnis, branding merupakan upaya perusahaan untuk berkomunikasi membangun sebuah brand/merk supaya dikenal luas oleh masyarakat. Branding nggak lepas dari kegiatan periklanan dan promosi. Iklan dan promosi sendiri punya tujuan untuk memperkenalkan produk yang ditawarkan kepada konsumen.

Nah, artinya branding ini harus ada di rencana pengembangan bisnis mu. Demi upaya pengembangan bisnis yang lebih cepat dan tepat sasaran, strategi branding lewat kegiatan iklan dan promosi harus semakin di tekan. Salah satu cara tepat untuk beriklan dan promosi produk adalah melalui media cetak. Walaupun media online sudah gencar dipakai, tetapi media cetak masih bisa diandalkan lho.

 

Ada beberapa jenis media cetak untuk iklan dan promosi yang bisa kamu coba di bawah ini!

  1. Media massa cetak

Ada berbagai macam media massa cetak, seperti koran, majalah, dan tabloid. Biasanya ketiga media cetak ini menyediakan space iklan dengan tarif yang bervariasi, tergantung letak iklan. Manfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan produk atau jasa mu. Pilih media yang kira-kira dibaca oleh banyak orang.

 

  1. Company profile

Setiap perusahaan wajib punya company profile, supaya konsumen lebih mengenal perusahaanmu secara umum dan lengkap. Secara garis besar, company profile berisi sejarah perusahaan, tujuan, visi-misi, tag line, produk perusahaan, dan prestasi perusahaan. Company profile di desain secara khusus dan di berikan kepada pihak-pihak tertentu, biasanya ditujukan kepada pihak yang hendak diajak bekerjasama.

 

  1. Poster

Poster merupakan sarana komunikasi pemasaran yang paling banyak digunakan. Ukuran poster sangat variatif, bisa disesuaikan dengan kebutuhan periklanan dan pesan penjualan yang memiliki target. Desain poster harus dibuat sekreatif mungkin agar terlihat eye catching ketika di tempel di tempat-tempat umum.

 

  1. Banner

Mesin percetakan bisa mencetak media promosi yang lebih besar dari poster, yaitu banner. Banner biasanya di tempatkan di area-area strategis yang mudah di lihat oleh banyak orang. bentuk banner dan cara memasangnya bisa bervariasi. Banner bisa dikatakan sebagai slah satu media promosi yang efisien, karena ukurannya lebih besar dan mudah dipindahkan kemana-mana.

 

  1. Brosur

Brosur merupakan media promosi yang ukurannya lebih kecil dan bisa dicetak lebih banyak. Media promosi seperti brosur ini, juga dinilai efektif karena lembaran brosur bisa sampai langsung ke tangan pembaca dan bisa disimpan sendiri. Brosur di cetak dengan satu sisi atau dua sisi bolak balik bahkan lebih, dan bisa dilipat-lipat, sehingga bisa memuat informasi lebih banyak. Kamu bisa menyebarluaskan brosur di suatu event tertentu.

 

  1. Flyer

Hampir sama seperti brosur, flyer juga dicetak dengan ukuran yang lebih kecil dan bisa dicetak dengan jumlah yang lebih banyak, supaya bisa menjangkau public lebih luas. Namun, bedanya flyer lebih simple dibandingkan brosur. Biasanya flyer dicetak dengan kertas yang cukup tipis dan  menggunakan satu sisi atau dua sisi saja. Jika kamu ingin melakukan iklan dan promosi dengan informasi yang singkat dan padat, flyer cocok digunakan sebagai media promosi mu.

 

  1. Kalender

Kalender memiliki fungsi ganda. Selain sebagai penunjuk tanggal, hari, dan bulan, kalender juga bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan-pesan promosi dalam jangka waktu yang lebih panjang. Bentuk kalender bisa di desain bervariasi, misal kalender gantung atau kalender meja.

 

  1. Catalog

Melalui catalog kamu bisa memberikan informasi lebih lengkap dan rinci. Catalog berbentuk seperti buku dengan jumlah halaman yang cukup banyak. Kamu bisa menampilkan informasi teks dan gambar lebih banyak. Biasanya pembaca akan lebih yakin dengan perusahaan dan produk yang kamu jual.

 

  1. Kartu nama

Meskipun teknologi sudah mampu menyebarkan informasi dengan cepat, kartu nama hingga saat ini masih dibutuhkan. Kartu nama ibarat duta bisnis yang mewakili wajah perusahaan. Melalui kartu nama, kamu bisa memperkenalkan perusahaan secara personal.

 

  1. T-Shirt

Nah, ini merupakan salah satu media promosi yang unik dan populer. Seringnya t-shirt dipakai saat event perusahaan berlangsung, merchandise atau oleh-oleh dari perusahaan. Dengan menempelkan logo dan tagline di kaos, maka secara nggak langsung kamu sudah mempromosikan brand perusahaan mu kepada khalayak ramai.

Kamu bisa ambil beberapa media promosi sesuai dengan kebutuhan usahamu. Nggak ada salahnya menyisihkan modal untuk kegiatan branding perusahaan, karena implikasinya sangat besar.

 

Sumber foto utama: https://id.pinterest.com/pin/522839837979453934/

admin
admin
FullWarna.com adalah percetakan offset di kota Yogyakarta yang melayani jasa cetak dengan mesin Oliver 58, Jenis cetakan yang dapat kami kerjakan adalah; Buku, Brosur, Nota, Formulir, Map, Kwitansi, Kalender, dll.