Menyebar Undangan Pernikahan Bisa Lebih Hemat Dengan Tips Berikut!

6 Hal yang Harus Dipersiapkan Dalam Membuat Buku Tahunan
March 21, 2018
Ketahui Fungsi Hang Tag Untuk Produk Fashion
April 10, 2018
Show all

FULL WARNA – Mempersiapkan resepsi pernikahan memang nggak sederhana. Selain, butuh proses yang cukup panjang, budget yang perlu dikeluarkan pun terbilang cukup besar. Mulai dari gedung, katering, gaun pengantin, tata rias, hingga undangan, perlu direncanakan dengan matang. Nggak heran, orang sudah mempersiapkan hal tersebut dari tahun sebelumnya.

 

Mengapa bisa serumit demikian?, jika kamu menginginkan resepsi pernikahan seperti pada umumnya, kamu tentu harus mengundang tamu yang cukup banyak, termasuk saudara, relasi kerja, juga teman lama. Jumlah porsi makanan yang dipesan berbanding lurus dengan jumlah undangan yang kamu sebarkan, bahkan jumlah tamu undangan bisa lebih lho. Hampir setiap pesta pernikahan menyediakan catering yang jumlah porsinya dua kali lipat dari jumlah tamu undangannya.

 

Bicara soal undangan, nampaknya hal ini sering dianggap sepele, padahal bisa menimbulkan beban tersendiri. Terkadang kamu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat list siapa saja yang akan di undang, belum lagi tambahan waktu untuk menyebarkannya. Apalagi kalau budget nya sendiri mepet banget, tentu ini akan lebih menguras waktu dan tenaga.

 

Kini saatnya kamu lebih selektif dalam menyebar undangan. Yuk baca tips hemat nya!

  1. Pilih teman terdekat

Hal ini sering luput untuk dibicarakan. Sebaiknya jangan mengundang seluruh teman yang kamu kenal. Siapa orang-orang yang berkomunikasi dengan mu dalam satu tahun terakhir?. Kamu bisa masukkan mereka ke dalam list tamu undangan.

 

  1. Menyortir tamu undangan relasi atau rekan kerja

Relasi atau rekan kerja mungkin akan masuk list tamu undangan pernikahan. Tetapi bisakah untuk di sortir lagi?. Hubungan mu dengan rekan kerja, biasanya hanya sebatas hubungan professional saja. Mereka bisa kamu eliminasi dari list. Undangan pernikahan muran bisa kamu dapatkan dengan cara rajin menyortir list tamu undangan.

 

  1. Bagaimana kalau orang tua turut andil?

Bukan jadi keheranan lagi, kalau resepsi pernikahan bakal melibatkan orang tua. Terkadang ujung-ujungnya kamu yang serba nurut sama orang tua dalam persiapan ini, bahkan nggak jarang mereka bikin list sendiri untuk tamu undangan yang mereka inginkan. Kalau kamu punya pendapat yang logis dan bisa dipertimbangkan, coba ajak orang tua mu berdiskusi.

 

  1. Undangan cetak atau online

Setelah membuat list, saatnya kamu menentukan jenis undangan yang akan kamu pakai, undangan cetak atau online. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika tamu yang kamu undang lokasi rumahnya cukup jauh katakan lah diluar kota, kamu bisa mengirimkannya secara online. Kalau sebagian diantaranya masih berada di dalam kota, sempatkanlah untuk mengantarkannya ke rumah. Baiknya kamu sediakan keduanya, supaya dapat tersebar dengan rata. Untuk undangan cetak, pilih undangan pernikahan unik dan murah dengan budget yang nggak terlalu besar.

 

Semua orang menginginkan pernikahan sekali seumur hidup, pastinya kamu ingin momen berhargamu diselenggarakan dengan meriah dan berkesan. Namun, ada baiknya kamu juga memikirkan kebutuhan hidup pasca menikah, itu juga nggak memakan biaya yang sedikit lho. Pertimbangkan lagi soal biaya pembuatan undangan. Dengan berhemat di salah satu post, kamu bisa mengurangi budget pernikahanmu.

 

Sumber foto utama: https://www.womangettingmarried.com/everything-you-need-to-know-about-printable-wedding-invites/

admin
admin
FullWarna.com adalah percetakan offset di kota Yogyakarta yang melayani jasa cetak dengan mesin Oliver 58, Jenis cetakan yang dapat kami kerjakan adalah; Buku, Brosur, Nota, Formulir, Map, Kwitansi, Kalender, dll.