Perbedaan Laminasi Doff dan Laminasi Glossy. Pahami Sebelum Cetak

Promo Kalender Dinding
October 20, 2018
Waktu yang Tepat Untuk Membuat Undangan Pernikahan
November 12, 2018
Show all

FULL WARNA – Perlu kamu tahu bahwa setelah gambar selesai dicetak, berikutnya akan memasuki proses pelapisan tipis berupa kertas atau karton pada ke dua sisi yang memiliki efek mengkilat dan licin. Proses pelapisan ini disebut laminasi. Kalau kamu melihat hasil cetakan kertas seperti poster, brosur, leaflet, booklet, dan lain sebagainya, terlihat mengkilat atau biasa saja, maka itu tergantung laminasinya.

Terdapat dua jenis laminasi yang biasa digunakan percetakan kemasan yaitu, laminasi doff dan laminasi glossy. Kamu bisa pilih salah satu sesuai dengan kebutuhanmu. Keduanya memiliki perbedaan mencolok. Kamu pun bisa membedakan mana laminasi doff dan mana laminasi glossy. Apa sih bedanya?

Sebelum menyerahkan desain kemasan, kamu harus mengetahui dulu perbedaan dasar kedua jenis laminasi ini, supaya saat membuat undangan pernikahan, buku tahunan, kalender atau yang lainnya, kamu bisa memilih laminasi yang tepat.

Laminasi Doff

Laminasi doff dari luar tampak biasa dan tidak terlihat mengkilat. Pemakaian laminasi ini bertujuan untuk memberikan proteksi pada hasil cetakan dari printer inject, sehingga hasil gambar yang dicetak lebih awet. Keuntungan laminasi doff adalah kamu bisa menyentuhnya sesering mungkin karena tidak akan meninggalkan sidik jari di atas laminasi.

Biasanya, laminasi ini digunakan untuk undangan pernikahan dan kartu nama. Meskipun hasil cetakannya tidak semewah laminasi glossy, hasil gambar dengan laminasi doff tetap tidak kalah keren. Kalau kamu menggunakan laminasi doff untuk kartu nama, maka kartu nama tersebut akan terlihat elegan dan eksklusif. Demikian keistimewaan laminasi doff, ia menciptakan hasil cetakan yang mewah dan tampak berkelas.

Laminasi glossy

Laminasi glossy cocok untuk memproteksi cetakan stiker, karena dapat memantulkan cahaya yang cukup banyak. Permukaan kertas yang telah dilaminasi glossy akan menghasilkan tekstur yang licin. Sama seperti laminasi doff, laminasi glossy juga memberikan kesan eksklusif dan mewah pada cetakan.

Laminasi glossy banyak ditemui di percetakan printer inject dan percetakan Alat Tulis Kertas. Jika dokumen sudah selesai dicetak, sebaiknya kamu jangan langsung memegangnya. Biarkan laminasi glossy mengering dan menempel dulu agar tidak rusak. Sebab, laminasi glossy sangat rentan disentuh jari tangan. Kamu bisa menyentuhnya beberapa menit setelah dilaminasi atau pegang dengan memakai sarung tangan.

Perbedaan laminasi doff dan laminasi glossy sangat menonjol. Namun, keduanya sama-sama mempunyai keunggulan. Kamu tinggal pilih mana laminasi yang cocok untuk kebutuhanmu. Melalui Percetakan ATK Full Warna, kamu bisa mendapatkan hasil cetakan yang berkualitas dan laminasi kertas terbaik.

admin
admin
FullWarna.com adalah percetakan offset di kota Yogyakarta yang melayani jasa cetak dengan mesin Oliver 58, Jenis cetakan yang dapat kami kerjakan adalah; Buku, Brosur, Nota, Formulir, Map, Kwitansi, Kalender, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *