Jenis-jenis Kertas dalam Industri Percetakan

Percetakan di Jogja
July 14, 2016
Percetakan Kalander di Jogja
February 27, 2017

Dalam dunia industri percetakan kertas tentu sudah menjadibahan baku utama untuk kelangsungan produksi. Kertas berbagai macam tipe ukuran dan jenis-jenis kertas yang berbeda-beda. Tingkatan/level pada jenis kertas sangatlah berdampak besar dalam menghasilkan sebuah produk. Maka dari itu berikut beberapa jenis kertas yang bisa digunakan untuk tambahan referensi dan pengetahuan.

 1. Art Paper Jenis Kertas ini mempunya permukaan yang halus dan licin. Kertas jenis ini biasa di gunakan untuk mencetak Brosur, Majalah, Katalog atau Flayer. Gramaturnya mulai dari 120gr dan 150gr.

2. Art Carton Kertas Jenis ini mempunyai permukaan yang sama dengan jenis kertas Art Paper yang membedakan hanya ketebalannya saja. Kertas jenis ini biasa digunakan untuk mencetak Kartu Nama, Cover Buku, Brosur, Paper Bag, Map dan masih banyak lagi. Gramaturnya mulai dari 190gr, 210gr, 230 gr, 260 gr, 310 gr, 350 gr dan 400 gr.

3. Ivory Kertas Jenis ini sama seperti Art Carton, hanya kertas jenis ini cuma mempunyai satu sisi yang licin satu sisinya tanpa coating. Jenis Kertas ini banyak di gunakan untuk mencetak Paper Bag, Dus – Dus Kosmetik. Gramaturnya mulai dari 210 gr, 230 gr, 250 gr, 310gr, 400 gr.

4. HVS Jenis Kertas ini memiliki permukaan yang kasar. Kertas jenis ini biasa digunakan untuk mencetak Buku atau Fotocopy. Gramaturnya mulai dari 60 gr, 70 gr, 80 gr, 100 gr.

5. Samson Kraft Kertas jenis ini berasal dari proses daur ulang dan memiliki warna coklat. Gramaturnya yang sering dipakai 80gr,125gr, 150gr, 200 gr, 275gr .Karena terkesan klasik, maka kertas samson ini biasa digunakan untuk  hand tag, terutama distro jeans/fashion.

6. NCR adalah singkatan dari Non Carbon Required Paper atau kertas yang tidak memerlukan carbon. Biasanya digunakan untuk nota, faktur penjualan, form surat jalan, arsip-arsip perusahaan dll. Mengandung karbonis, dan dipakai untuk pembuatan jenis buku yang memerlukan adanya rangkap/duplikasi, minimal duplikasi. Kertas NCR ini terdiri dari lapisan atas yang biasa disebut NCR TOP, lapisan tengah disebut NCR MIDDLE, dan lapisan paling bawah disebut NCR BOTTOM.

Sumber : http://www.dumetschool.com/blog/Jenis_Jenis_Kertas_Yang_Sering_Digunakan_Dalam_Dunia_Percetakan

Sharing is Caring
admin
admin
FullWarna.com adalah percetakan offset di kota Yogyakarta yang melayani jasa cetak dengan mesin Oliver 58, Jenis cetakan yang dapat kami kerjakan adalah; Buku, Brosur, Nota, Formulir, Map, Kwitansi, Kalender, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *