Asal Usul Label dan Hangtag pada Sebuah Produk Fashion

Mengenal Jenis Mesin Print Digital
Maret 21, 2020
Mengenal 9 Jenis Bahan Kertas yang digunakan Percetakan Fullwarna
April 6, 2020
Show all

Asal Usul Label dan Hangtag pada Sebuah Produk Fashion

Hangtag/label merupakan identitas pembuat pakaian atau identitas brand suatu store fashion.

Label  pertama kali diperkenalkan oleh Charles Frederick Worth, desainer Inggris creator House of Worth. Worth awalnya melabeli gaun kreasinya dengan tulisan “House of Worth and Bobergh” pada bagian pita pinggang. Karena label pakaian mudah dipalsukan, ia berinisiatif memberi nomor pada label pakaian buatannya yang berisi informasi desain berdasarkan koleksi dan tahun rilisnya. Pada zaman Worth, label difungsikan untuk branding personal/mengangkat identitas personal sang desainer. Tetapi pada awal abad ke-20 , Label pakaian menjadikan sebagai alat yang efektif dalam mempromosikan industri.

Label yang melekat pada pakaian menggunakan bahan kain yang tidak mudah lepas jadi secara permanen sepanjang usia akan melekat sampai kapanpun. Dan digunakan bagi bisnis-bisnis manufaktur atau impor produk garmen. Saat ini, label pakaian bukan cuma jadi fitur pakem. Sudah banyak perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan label pakaian yang unik. Selain membuka peluang usaha di dunia kreatif, label menjadi bagian seni tersendiri yang lekat dengan karya-karya fashion produsen.

Jika label pakaian berbahan kain sampai sekarang selalu tertempel untuk menandai brand fashion produksinya. Untuk menambah daya saing dan sebagai branding ditambahkan hangtag kertas di bagian luarnya. Untuk hangtag kertas sendiri juga berfungsi sebagai media promosi/branding produk tersebut dan juga berfungsi sebagai informasi harga, bahan, ukuran dan produksi produk fashion tersebut.

Saat ini, dalam membeli produk fashion di samping memlih model, warna dan harga, hal yang sering kali menjadi pertimbangan orang adalah mereknya. Bahkan , bagi sebagian konsumen, merek/brand ternama adalah prioritas. Mereka membeli produk suatu merek dan merasa nyaman saat menggunakannya, kemungkinan konsumen menjadi loyal terhadap merek produk fashion tersebut.

Tidak hanya menumbuhkan loyalitas, tetapi juga menciptakan suatu kebanggan dalam diri dan kepercayaan diri karena merujuk pada status social ekonomi atau identitas. Penanda merek dalam produk fashion adalah label/hangtag tersebut. Selain anda, produksi baju sekalian label kainnya, anda harus menyiapkan hangtag kertas sebagai tambahan promosi di bagian luar produk fashion. Hangtag tidak hanya berbentuk kotak atau persegi Panjang, tetapi dapat dibentuk sesuai dengan keinginan atau konsep fashion tersebut.

Di Percetakan Fullwarna, kalian dapat memesan hangtag kertas secara custom dari mulai ukuran, bahan , bentuk dan desain sesuai dengan keinginan. Bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan hangtag adalah bahan duplek, ivory, dan kraft coklat. Cetak di Fullwarna, kalian tidak perlu pusing dalam desain yang rumit, kami siap membantu mendesainkan hangtag kalian tanpa tambahan biaya alias free desain. Selain itu, pemesanan hangtag di Fullwarna sudah terlubang sekalian jadi tinggal pakai atau tinggal pasang di produk fashion kalian. Pesan di Fullwarna memang banyak untungnya 😊

 

admin
admin
FullWarna.com adalah percetakan offset di kota Yogyakarta yang melayani jasa cetak dengan mesin Oliver 58, Jenis cetakan yang dapat kami kerjakan adalah; Buku, Brosur, Nota, Formulir, Map, Kwitansi, Kalender, dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *