Mengenal Jenis Mesin Print Digital

PROMO “Diskon Suka-Suka”
Maret 10, 2020
Asal Usul Label dan Hangtag pada Sebuah Produk Fashion
April 1, 2020
Show all

Digital printing atau percetakan digital saat ini semakin berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas. Kehadirannya cukup menjadi solusi bagi orang-orang yang membutuhkan hasil cetak yang cepat, murah, dan kualitas yang maksimal. Seiring dengan beragamnya hasil cetak yang dihasilkan oleh proses percetakan ini, digital printing memiliki jenis mesin yang berbeda-beda. Setiap jenis mesin menghasilkan hasil cetak dengan fungsi yang berbeda. Berikut ini jenis mesinnya:

  • Mesin Digital Printing Indoor

Seperti namanya, mesin ini menghasilkan hasil cetak untuk kebutuhan penyebaran informasi indoor atau di dalam ruangan, misalnya seperti x banner, poster, wall covering, sticker, dan lain-lain. Ukuran lebar dari mesin ini antara lain: 24 inch, 42 inch, 60 inch. Kualitas dari hasil cetak mesin ini cukup tinggi jika dilihat dari jarak dekat, hal ini dikarenakan fungsinya sebagai mesin pencetak informasi yang digunakan di dalam ruangan.

  • Mesin Digital Printing Outdoor

Mesin ini merupakan kebalikan dari mesin digital printing outdoor. Mesin ini biasanya digunakan untuk mencetak kebutuhan promosi di luar ruangan dan biasanya berukuran besar, seperti baliho, billboard, spanduk yang tahan air dan panas sehingga tidak cepat rusak ataupun pudar. Mesin ini memiliki lebar 2 hingga 3 meter.

  • Mesin Digital Printing Semi Indoor Outdoor

Mesin ini dapat menangani baik kebutuhan cetak indoor maupun outdoor. Hal itu dapat dilakukan karena mesin cetak ini menggunakan base tinta eco solvent. Tinta ini tidak berbau jika hasil cetaknya digunakan di dalam ruangan dan ramah lingkungan jika digunakan untuk hasil cetak di luar ruangan.

  • Mesin Digital Printing Photographic

Mesin ini berguna untuk mencetak segala hal yang berhubungan dengan fotografi. Mesin fotografi diciptakan secara khusus karena dunia fotografi biasanya menuntuk kualitas dan presisi gambar serta warna yang detail, yang sulit didapatkan jika menggunakan mesin cetak biasa. Mesin ini menggunakan media dye dan pigment untuk mencetak gambar.

  • Mesin Digital Printing Textile

Mesin khusus percetakan textile ini merupakan mesin yang aman dan ramah lingkungan. Dengan mesin ini kita bisa mencetak di atas kain atau tekstil. Mesin ini dapat mencetak gambar, tulisan, ataupun motif pada bahan-bahan poliester seperti : Kanvas tebal, kanvas Halus, Satin, Satin duchess atau bridal, Chiffo, Velvet, Silk satin, Spandek, Hijet, Dry fit, BSY, Drill polyester, dan lain-lain.  Hasil cetak dari mesin ini bersifat ringan sehingga memungkinkan dilakukannya pengiriman hasil cetak dalam jumlah banyak.

  • Mesin Digital UV Printer

Mesin cetak ini digunakan untuk mencetak informasi di atas media cetak yang kasar dan kaku seperti besi, seng, acrilyc, triplek, kaca, keramik, plastik, dan lain-lain. Namun untuk mencetaknya, media cetak tersebut harus flat/rata.

Mesin-mesin digital printing yang telah kami bahas memiliki fungsi dan karakteristik yang berbeda. Namun, tujuannya sama sebagai mencetak bahan atau material yang anda gunakan. Sehingga, anda dapat membandingkan mesin mana yang lebih cocok anda gunakan untuk usaha yang ingin anda kembangkan. Semoga bermanfaat 🙂

Sumber : berbagai sumber artikel

admin
admin
FullWarna.com adalah percetakan offset di kota Yogyakarta yang melayani jasa cetak dengan mesin Oliver 58, Jenis cetakan yang dapat kami kerjakan adalah; Buku, Brosur, Nota, Formulir, Map, Kwitansi, Kalender, dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *