Jenis-jenis Kalender yang ada di Indonesia

Cara Memasarkan Produk untuk Pemula- Fullwarna.com
August 26, 2022
Peluang Usaha saat Resesi
Cara Membuat Izin Usaha Mikro Kecil Secara Online
September 8, 2022
Show all

Jenis-jenis Kalender yang ada di Indonesia

Unsur-unsur Kalender

Sudah memasuki bulan september aja nih bestie…apakah udah prepare cetak kalender buat tahun depan?? Namun, sebelum cetak kelender, apakah kamu sudah mengetahui tentang jenis-jenis kalender yang umum digunakan?? Kali ini fullwarna.com bakalan berbagi artikel tentang Jenis-jenis Kalender yang ada di Indonesia, simak yuk:

  • Kalender Jawa

Perbedaan kalender jawa dengan yang lainnya adalah menggunakan dua diklus hari untuk penanggalan. Pada siklus mingguan terdiri dari hari Minggu hingga sabtu dan siklus lainnya berupa pancawara ( siklus lima hari pasaran).Pancawara tersebut terdiri dari pahing, pon, wage, kliwon dan legi.

Jenis-jenis Kalender

  • Kalender Hijriyah

Biasanya jenis kalender ini digunakan oleh umat muslim untuk menentukan hari-hari besar. Tipe ini memiliki 12 bulan, yaitu: Muharram, Safar, Robi’ul Awal, Robi’ul Akhir, Jumadi Awal, Jumadi Akhir, Rajab, Sya’ban, Ramadhan, Syawal, Dzulqaidah dan Dzulhijah.

  • Kalender Saka

Tahu nggak sih? Jenis kalender ini berasal dari india. Dalam kelander saka, hanya terdiri dari 30 hari, sehingga untuk tahun barunya menyesuaikan tiap tahun nya. Biasanya, model ini dipakai oleh masyarakat hindu untuk menentukan hari-hari besar keagamaan.

  • Kalender Sunda

Sekilas mirip dengan kelender masehi, namun untuk penamaan hari dan bulan berbeda. Contohnya, nama bulan menurut bahasa sunda: Kartika, Margasira, Posya, Maga, Palguna, Setra, Wesaka, Yesta, Asada, Srawana, Badra dan Asuji.

Itu beberapa jenis-jenis kalender yang ada di Indonesia, buat instansi atau bisnis kamu, mau pakai yang mana nih?? Bisa loh di custom di fullwarna.com, bebas mau warna, ukuran  hingga jenis finishing nya. Tertarik buat bikin kah?? Ayo cetak sekarang aja, mumpung banyak promo menarik. Info pemesanan dan detail produk bisa langsung menghubungi nomor: 0813-2676-5758.  Selain kalender meja, kalender dinding, ada pula produk lainnya loh, seperti: nota, sticker, buku yasin, buku menu, stopmap, sertifikat penghargaan, brosur, company profile, note book custom, buku panduan, tiket gelang, amplop, kartu nama, buku agenda, buku tahunan, buku tabungan koperasi, buku tabungan bank, formulir, kartu syukuran, label hijab, hangtag, nota laundry dan masih banyak lagi.

 

Sharing is Caring
admin
admin
FullWarna.com adalah percetakan offset di kota Yogyakarta yang melayani jasa cetak dengan mesin Oliver 58, Jenis cetakan yang dapat kami kerjakan adalah; Buku, Brosur, Nota, Formulir, Map, Kwitansi, Kalender, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *