Perbedaan Laminasi Doff dan Laminasi Glossy. Pahami Sebelum Cetak

FULL WARNA – Perlu kamu tahu bahwa setelah gambar selesai dicetak, berikutnya akan memasuki proses pelapisan tipis berupa kertas atau karton pada ke dua sisi yang memiliki efek mengkilat dan licin. Proses pelapisan ini disebut laminasi. Kalau kamu melihat hasil cetakan kertas seperti poster, brosur, leaflet, booklet, dan lain sebagainya, terlihat mengkilat atau biasa saja, maka itu tergantung laminasinya.

Terdapat dua jenis laminasi yang biasa digunakan percetakan kemasan yaitu, laminasi doff dan laminasi glossy. Kamu bisa pilih salah satu sesuai dengan kebutuhanmu. Keduanya memiliki perbedaan mencolok. Kamu pun bisa membedakan mana laminasi doff dan mana laminasi glossy. Apa sih bedanya?

Sebelum menyerahkan desain kemasan, kamu harus mengetahui dulu perbedaan dasar kedua jenis laminasi ini, supaya saat membuat undangan pernikahan, buku tahunan, kalender atau yang lainnya, kamu bisa memilih laminasi yang tepat.

Laminasi Doff

Laminasi doff dari luar tampak biasa dan tidak terlihat mengkilat. Pemakaian laminasi ini bertujuan untuk memberikan proteksi pada hasil cetakan dari printer inject, sehingga hasil gambar yang dicetak lebih awet. Keuntungan laminasi doff adalah kamu bisa menyentuhnya sesering mungkin karena tidak akan meninggalkan sidik jari di atas laminasi.

Biasanya, laminasi ini digunakan untuk undangan pernikahan dan kartu nama. Meskipun hasil cetakannya tidak semewah laminasi glossy, hasil gambar dengan laminasi doff tetap tidak kalah keren. Kalau kamu menggunakan laminasi doff untuk kartu nama, maka kartu nama tersebut akan terlihat elegan dan eksklusif. Demikian keistimewaan laminasi doff, ia menciptakan hasil cetakan yang mewah dan tampak berkelas.

Laminasi glossy

Laminasi glossy cocok untuk memproteksi cetakan stiker, karena dapat memantulkan cahaya yang cukup banyak. Permukaan kertas yang telah dilaminasi glossy akan menghasilkan tekstur yang licin. Sama seperti laminasi doff, laminasi glossy juga memberikan kesan eksklusif dan mewah pada cetakan.

Laminasi glossy banyak ditemui di percetakan printer inject dan percetakan Alat Tulis Kertas. Jika dokumen sudah selesai dicetak, sebaiknya kamu jangan langsung memegangnya. Biarkan laminasi glossy mengering dan menempel dulu agar tidak rusak. Sebab, laminasi glossy sangat rentan disentuh jari tangan. Kamu bisa menyentuhnya beberapa menit setelah dilaminasi atau pegang dengan memakai sarung tangan.

Perbedaan laminasi doff dan laminasi glossy sangat menonjol. Namun, keduanya sama-sama mempunyai keunggulan. Kamu tinggal pilih mana laminasi yang cocok untuk kebutuhanmu. Melalui Percetakan ATK Full Warna, kamu bisa mendapatkan hasil cetakan yang berkualitas dan laminasi kertas terbaik.

6 Hal yang Harus Dipersiapkan Dalam Membuat Buku Tahunan

FULL WARNA – Buat kamu yang sudah duduk di kelas 3 SMA atau sudah memasuki tahun akhir perkuliahan. Banyak suka duka mu bersama teman seperjuangan yang tentunya akan selalu diingat. Buku tahunan menjadi wadah bagimu untuk mengabadikan kenangan semasa sekolah. Sudah kah kamu mempersiapkan buku tahunan mu?.

Buku tahunan bisa jadi tempat bagimu untuk bernostalgia di masa depan. Tentu kamu ingin buku tahunan mu sempurna dan menarik. Membuat buku tahunan nggak semudah yang kamu kira lho. Ada beberapa hal yang penting untuk dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Selain tu, konsep buku tahunan harus di susun secara matang, baik ide maupun konten nya.

Nah, disini tertulis beberapa hal penting yang harus kamu persiapkan!

 

  1. Bentuk panitia buku tahunan

Mempersiapkan pembuatan buku tahunan nggak hanya melibatkan segelintir orang, tetapi juga seluruh teman satu angkatan, para guru, penjaga sekolah, bahkan terkadang juga melibatkan adik angkatan. Nah, karena melibatkan banyak orang, maka dibutuhkan orang untuk merencanakan, mengkoordinir, dan mengawasi persiapan pembuatan buku tahunan sampai tuntas. Pembentukan pantia khusus untuk buku tahunan tentu dirasa perlu, agar buku tahunan yang dibuat sesuai dengan konsep yang telah direncanakan.

 

  1. Tentukan budgetnya

Anak sekolah belum memiliki penghasilan sendiri, sudah dipastikan uang saku mu juga terbatas. Penting bagimu untuk menentukan besaran budget buku tahunan. Hal ini bisa kamu diskusikan bersama teman-teman panitia. Sesuaikan dengan kondisi keuangan teman-teman mu ya. Tentukan budget dengan harga sewajarnya, jangan sampai kantong jebol hanya untuk buku tahunan.

 

  1. Tentukan konsep atau tema

Ini poin utama yang harus kamu rundingkan bersama teman-teman mu. Konsep yang terarah menjadikan alur buku tahunan mu rapi dan senada dari bagian cover sampai akhir halaman. Hal ini perlu berdiskusi lebih dari satu kali demi mendapatkan konsep yang tepat. Kamu juga harus pilih tema yang unik dan nggak menyulitkanmu, karena kamu juga membutuhkan dress code dan lokasi pemotretan untuk buku tahunan yang sesuai dengan konsep. Tema buku tahunan yang umum dan nggak sulit misalnya, tema buku tahunan vintage, tema buku tahunan adventure, atau tema buku tahunan casual.

 

  1. Tentukan konten

Jangan hanya tema buku tahunan yang keren saja, tetapi konten juga harus sama keren nya. Isi buku tahunan secara umum terdiri dari beberapa konten penting, seperti biodata lengkap masing-masing siswa, guru, dan staf, data umum terkait sekolah, foto profil setiap siswa dan guru, foto kelas, foto kelompok, foto angkatan, foto-foto kegiatan/acara sekolah, dan foto momen seru lainnya.

 

  1. Buat timeline pengerjaan

Membuat buku tahunan membutuhkan waktu berbulan-bulan demi hasil yang maksimal. Buat timeline pengerjaan buku tahunan bersama teman-teman panitia. Kalender akademik sekolah bisa jadi patokan mu dalam menentukan jadwal pemotretan. Apalagi proses pembuatan hampir memasuki masa-masa ujian akhir, pembuatan jadwal yang teratur dirasa penting.

 

  1. Proses pembuatan

Kalau kelima poin diatas sudah beres, kini kamu bisa langsung masuk ke sesi photoshoot. Dengan catatan, semua hal yang sudah dipersiapkan untuk buku tahunan sebelumnya sudah beres, terutama ketepatan teman-teman pada jadwal yang telah ditentukan. Jikalau terganggu dengan cuaca buruk atau lokasi pemotretan yang mendadak berubah, kamu harus punya plan B ya. Intinya jangan sampai timeline pengerjaan jadi kacau. Hal ini untuk menghindari keterlambatan penyelesaian buku tahunan.

 

  1. Finishing

Dalam persiapan ini, baiknya kamu langsung serahkan pada tim kreatif atau media organizer yang sudah kamu tunjuk untuk membuat buku tahunan. Tahap ini terdiri dari editing dan percetakan. Disini teman-teman panitia cukup mengawasi dan tampilan seperti apa yang diinginkan, sambil sesekali merevisi.

 

Membuat buku tahunan yang terpenting adalah konsep yang matang dan kesan nostalgia yang dimunculkan. Semangat membuat buku tahunan terbaikmu!

Sumber foto utama: http://jugheadsbasement.com/yearbook-page-design-ideas.html

10 Ide Buku Tahunan yang Populer di Kalangan Anak Sekolah

FULL WARNA – Memasuki kelas 9 dan 12, kamu bakal disibukkan dengan persiapan pembuatan foto buku tahunan sekolah. Setiap buku tahunan pastinya memilki tema besar, tema kelompok, dan tema foto profil untuk masing-masing kelas. Masa-masa sekolah punya banyak kenangan dan bisa dibilangs selalu indah. Baiknya abadikan kenanganmu dengan pilihan tema-tema unik dan anti-mainstream.

Nah, mencari ide/konsep untuk buku tahunan tentunya nggak gampang. Kamu harus berkali-kali berunding dengan teman-temanmu untuk menentukan perencanaan yang matang  terkait tema. Biar kamu nggak tambah pusing. Nih, ada beberapa tema buku tahunan unik yang bisa jadi referensi buku tahunan mu!

 

  1. Vintage

Hingga saat ini tema vintage masih populer dikalangan anak sekolah. Nggak heran, karena tema ini cukup simple dari segi kostum dan background yang dibutuhkan. Kamu bisa gunakan tema ini buat buku tahunan sekolahmu. Pakaian ala Taylor Swift dan Grace Kelly cocok banget buat tema vintage mu.

 

https://www.xfourgraphix.co.id/inspirasi-tema-dalam-buku-tahunan-sekolah-yang-keren/
https://www.xfourgraphix.co.id/inspirasi-tema-dalam-buku-tahunan-sekolah-yang-keren/

 

  1. Army Look

Kalau kamu satu kelompok dengan cowok, tema ini sering jadi pilihan. Dengan tema ini cowok bisa menampilkan sisi maskulinnya. Lalu bagaimana dengan kamu yang cewe?. Jangan bingung dulu, kamu bisa pakai kaos dengan warna kalem seperti putih atau coklat muda. Padukan dengan bawahan berwarna hitam, boleh rok atau celana bahan. Kemudian kamu bisa padukan dengan jaket parka army. Pilih parka yang ukurannya lebih besar dari tubuhmu.

 

17050118

http://wanitaindonesia.co.id/index.php?view=viewarticle&id=17050060

 

  1. Travelling

Anak remaja mana sih yang nggak suka travelling?. Piknik/rekreasi jadi kegemaran buat semua kalangan, nggak terkecuali anak remaja. Nggak heran, tema traveling menjadi salah satu tema favorit buku tahunan. Travelling memberikan nuansa anak muda banget bagi buku tahunan sekolah. Nah, pemilihan kostumnya pun sederhana dan mudah. Kamu bisa pakai celana pendek atau celana kargo selutut. Dipadukan dengan kaos dan kemeja flannel atau kemeja kotak-kotak untuk luarannya. Sementara aksesorisnya juga nggak ribet, bisa tambah pakai jam tangan, topi baseball, gelang, dan tas ransel. Alas kaki lebih keren kalau pake sneakers, sandal gunung, atau sandal jepit dengan warna cerah.

Buku-Tahunan-Populer-Anak-Sekolah-Travelling

http://www.zahraaphoto.com/spada-year-book-2015/

 

  1. Urban

Tema foto urban berbeda dengan gaya kehidupan berpakaian sehari-harimu. Sebab, tema ini mengedepankan unsure-unsur perkotaan dan kehidupan yang metropolis. Secara garis besar tema ini menggambarkan tentang kehidupan kaum urban. Mulai dari belanja ke mall, nongkrong di café-café, kerja di gedung perkantoran, dan lain sebagainya. Tetapi, kostum yang harus kamu pakai nggak begitu ribet kok. Berpakaian saja layaknya kamu pergi jalan-jalan dengan teman-temanmu. Namun, gayanya harus lebih elegan, kebalikan dari gayamu sehari-hari. Khusus yang memilih tema kerja kantoran, cewek bisa pakai blazer dan rok, kemeja dan celana bahan untuk yang cowok.

 

Buku-Tahunan-Populer-Anak-Sekolah-Urban

https://www.collegefashion.net/fashion-tips/style-remix-denim-jacket/

 

  1. Playground

Taman atau wahana bermain yang biasa dikunjungi anak-anak bisa jadi pilihan lokasi untuk tema ini. Agar menyatu dalam tema, pakai pakaian yang santai dan terlihat childish atau pakaian yang mengingatkan kamu tentang masa kanak-kanak. Pilih pakaian dengan warna-warna cerah seperti orange, kuning, merah, biru muda, pink, ungu, atau hijau. Bagian lengan bisa disesuaikan dengan kenyamananmu. Kemudian, padukan kaos tersebut dengan overalls alias baju kodok. Sebagai akseseoris kamu bisa pakai topi baseball, tas slempang kecil, tas ransel, ditambah sepatu kets atau sneakers.

 

Buku-Tahunan-Populer-Anak-Sekolah-Playground

8 Tema Foto Buku Tahunan yang Udah Pasaran Banget

 

Nah, tema-tema yang sudah populer diatas, lebih bagus lagi kalau dibuat lebih kreatif, misal dari segi kostum atau lokasinya, supaya foto buku tahunan mu tetap mempunyai ciri khas meskipun menggunakan tema yang sudah sering digunakan.

 

Cetak Buku Tahunan di Jogja

Buku tahunan merupakan buku berisi agenda khusus yang terbit dalam jangkauan tahun atau per tahun. Buku ini menjadi penting karena berisi tentang foto siswa, foto guru dan data-data lainya yang menggambarkan peristiwa yang terjadi pada saat itu. Konten gambar dalam buku tahunan biasanya menggambarkan keceriaan, tingkah lucu, kehangatan yang terjalin dari beberapa subjek. Fungsinya yang begitu banyak menjadi pilihan seseorang, sekolah, intansi atau perusahaan dalam mengabadikan momen berharganya tentunya dengan tampilan dan konten yang memikat pembaca untuk  membaca dan melihatnya.

Buku Tahunan atau Buku Kelas menjadi salah satu memori yang sangat berguna bagi setiap siswa pada saat nanti mereka sudah mencapai cita-citanya karena dengan mengingat dokumentasi pada saat mereka masih sekolah akan menjadikan hal-hal lucu dan kadang tidak percaya.

Buku Tahunan atau Buku Kelas yang dicetak oleh Percetakan full warna untuk semua tingkat sekolah, buku tahunan sekolah TK, buku tahunan sekolah SD, buku tahunan sekolah SMP, buku tahunan sekolah SMA dll.

Untuk itu kami percetakan fullwarna memberikan beberapa option dalam pembuatan buku tahunan. Pelanggan dapat memilih desain cover dan konten dari sample buku tahunan di percetakan fullwarna atau pelanggan juga bisa membuat desain buku tahunan sendiri yang nantinya akan dipandu oleh team desain dari percatakan fullwarna. Apabila anda tertarik segera hubungi customer service kami di sini. Sampaikan kepada kami megenai konsep dan desain buku tahunan yang akan Anda buat, kami akan membantu memberikan petunjuk sampai proses cetak selesai.